Yuk Berwisata Akhir Pekan di Ende, Destinasi Wisata Danau Kelimutu Sudah Dibuka

Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal dibuka kembali mulai Sabtu (11/7). Kepastian tempat wisata danau tiga warna ini kembali dibuka disampaikan Kepala Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (9/7). Ia menjelaskan, Bupati Ende Djafar Achmad akan secara resmi membuka kembali kunjungan wisata danau Kelimutu, Jumat (10/7). “Nanti besok […]

Pos Kupang : Istimewa

Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal dibuka kembali mulai Sabtu (11/7).

Kepastian tempat wisata danau tiga warna ini kembali dibuka disampaikan Kepala Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (9/7).

Ia menjelaskan, Bupati Ende Djafar Achmad akan secara resmi membuka kembali kunjungan wisata danau Kelimutu, Jumat (10/7). “Nanti besok (hari ini-red), ada ceremony pemotongan pita,” ungkapnya.

Dikatakannya, sebelumnya wisata Danau Kelimutu ditutup karena pandemi Covid-19. Karena ada kebijakan new normal di tengah pandemi Covid-19 maka dibuka kembali namun dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pada akhir Juni 2020, kata Agus, pihaknya telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan bagi para pengunjung, kurang lebih sepuluh hari.

“Jadi waktu itu kita buka untuk simulasi. Pengunjungnya membludak, sehingga protokol kesehatan akhirnya sulit diterapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, mengantisipasi lonjakan pengunjung, maka pihaknya memutuskan mekanisme kunjungan melalui pandaftaran secara online dengan batas maksimal dua ratus pengunjung setiap hari.

Kebijakan pendaftaran kunjungan secara online dan pembatasan jumlah pengunjung agar penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 bisa berjalan efektif.

Terkait Market Kelimutu, katanya, akan diresmikan oleh Bupati Ende Djafar Achmad usai pemotongan pita. Market Kelimutu dimaksudkan agar aktivitas para pedagang lebih tertata dan rapi.

Menurutnya, akan ada diskusi dengan Bupati dan stakehokders terkait bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas kuliner di Market Kelimutu.

Sumber : Pos Kupang
Posting : Fajar Manik

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *